Thursday, February 03, 2005

SILABUS MATA KULIAH SOSIOLOGI KOMUNIKASI

SOSIOLOGI KOMUNIKASI

Deskripsi

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang kajian sosiologis dari kegiatan komunikasi, khususnya komunikasi massa. Kajian dari mata kuliah ini meliputi hubungan media massa dengan institusi sosial lain yang ada di dalam masyarakat, hubungan di dalam institusi media termasuk proses produksi isi media dan hubungan media massa dengan khalayak.

Metode:

Kuliah disampaikan melalui ceramah, studi kasus, diskusi

Penilaian:

Nilai akhir dari mata kuliah ini adalah akumulasi dari nilai ujian akhir semester (40%); ujian tengah semester (25%); tugas-tugas (20%); partisipasi kelas (15%).


KULIAH
1 & 2
POKOK BAHASAN
Perspektif Umum Media Massa dan Masyarakat:
a. Political Economy (Liberal & Critical)
b. Cultural Studies
c. Critical Theory (Frankfurt School)
BACAAN
• Curran & Gurevitch (ed.), Mass Media & Society, Edward Arnold, NY, 1991, ch. 1
• Downing,et.al. Questioning The Media, Sage Pub., 1990, ch. 1
• Dines & Humez, Gender, Race & Class in Media, Sage Pub, 2003, ch. 1

KULIAH 3
POKOK BAHASAN
Dimensi Ekonomi dari Institusi Media:
a. Komersialisasi Media
b. Konglomerasi dan Integrasi
BACAAN
• Croteau & Hoynes, Media/Society: Industries, Images & Audiences, Pine Forge Press, Thousand Oaks, 2000, ch. 2
• Mc.Quail, Mass Communication Theory, Sage Pub.,1994, ch.6
KULIAH 4
POKOK BAHASAN
Media Massa dan Public Sphere
BACAAN
• Mc.Quail, Mass Communication Theory, Sage Pub.,1994, ch. 5
• Curran & Gurevitch (ed.), Mass Media & Society, Edward Arnold, NY, 1991, ch. 4 & 5
• Sen & Hill, Media, Culture and Politics in Indonesia, Oxford Univ. Press, 2000.

KULIAH 5 & 6
POKOK BAHASAN
Media dan Realitas Sosial
a. Refleksi, Representasi dan Simulasi
b. Ideologi, Interpelasi dan Hegemoni Media
BACAAN
• Croteau & Hoynes, Media/Society: Industries, Images & Audiences, Pine Forge Press, Thousand Oaks, 2000, ch. 5& 6
• Noviani, Jalan Tengah Memahami Iklan, Pustaka Pelajar, Yk, 2002 bab II
• Lull, Media Komunikasi Kebudayaan, YOI, Jakarta, 1995, bab I

UJIAN TENGAH SEMESTER

KULIAH 7 & 8
POKOK BAHASAN
Budaya Media
a. Budaya Massa dan Budaya Populer
b. Postmodernisme dan Budaya Populer
c. Budaya Konsumen
BACAAN
• Strinati, An Introduction to Theories of Popular Culture, Routledge, 1995, ch. 1 & 6
• Kellner, Douglas, Media Culture, Routledge, London, 1995 ch. 1
• Lull, Media Komunikasi Kebudayaan, YOI, Jakarta, 1995, bab 3
KULIAH 9
POKOK BAHASAN
Gender dan Komunikasi
a. Pengertian Gender
b. Media dan Perspektif Feminist (Liberal, Radikal dan Sosialis)BACAAN
• Strinati, An Introduction to Theories of Popular Culture, Routledge, 1995, ch. 5
• Curran & Gurevitch (ed.), Mass Media & Society, Edward Arnold, NY, 1991, ch. 2
• Fakih, Analisis Gender & Transformasi Sosial, Pustaka Pelajar, 1997, bab. 1
KULIAH 10
POKOK BAHASAN
Analisis Gender dalam Iklan/Film/Musik
KULIAH 11
POKOK BAHASAN
Media ,Teknologi dan Globalisasi
a. Determinisme Teknologi dan Determinisme Budaya
b. Imperialisme Budaya dan Identitas Global
c. Post-colonialism
BACAAN
• Lull, Media Komunikasi Kebudayaan, YOI, Jakarta, 1995, bab 5
• Croteau & Hoynes, Media/Society: Industries, Images & Audiences, Pine Forge Press, Thousand Oaks, 2000, ch. 9 & 10
KULIAH 12
POKOK BAHASAN
Media Massa dan Khalayak
a. Tipologi Khalayak
b. Khalayak AktifN
BACAAN
• Mc.Quail, Mass Communication Theory, Sage Pub.,1994, ch. 11
• Croteau & Hoynes, Media/Society: Industries, Images & Audiences, Pine Forge Press, Thousand Oaks, 2000, ch. 8
• Lull, Media Komunikasi Kebudayaan, YOI, Jakarta, 1995, bab 4

UJIAN AKHIR SEMESTER



5 Comments:

Blogger wa ode said...

Bung edy yang baik.... semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWt. saya seorang Widyaiswara di Kab.Sorong walaupun spesialisasi komunikasi yang efektif tapi pemahaman tentang sosiologi komunikasi masih terbatas.mohon petunjuk dan bahan nya kalau ada di e mail ke saya ya?? saya diminta juga untuk membawakan mata kuliah ini di salah satu PT di kota ini kasih.. wassalam

5:08 AM

 
Blogger inspirasi said...

terima kasih pak,silabus yg bapak load memberi gambaraan kami tentang sosiologi komunikasi yang akan kami ambil , moga aja gak jauh jauh seperti yang anda tulis

yuan shin
UIN SUKA YOGYAKARTA

9:26 PM

 
Blogger setyo adjie said...

salam dari kampus universitas jenderal soedirman purwokerto

6:44 PM

 
Blogger moh yahya mustafa mustafa said...

asslkum bung edy ..materi ini sangat membantu kami memberi pemahaman soal sosiologi komunikasi ..trims dan sukses selalu

moh yahya mustafa
makassar

4:12 AM

 
Blogger moh yahya mustafa mustafa said...

asslkum bung edy ..materi ini sangat membantu kami memberi pemahaman soal sosiologi komunikasi ..trims dan sukses selalu

moh yahya mustafa
makassar

4:14 AM

 

Post a Comment

<< Home